Rabu, 14 Maret 2012


P.A Gabungan Wilayah B (Kel. Sugiri)
Tema : “SABTU SUNYI” (Markus 15:42-47)
Apakah ada di antara kita yang tidak takut dengan kematian?
–diskusi- kenapa takut/tidak takut?
Pernah suatu kali pertanyaan itu ditanyakan kepada lansia, dan mereka mengatakan takut… kalau bisa yah nanti saja.. karena belum lihat cucu nikah… belum lihat anak sukses.
Tetapi ada pula yang mengatakan kalau bisa yah sekarang saja dipanggil, udah siap… sampai udah pesen2, nanti pakai baju apa… surat warisan dimana, dlsb. 
Di sini kita bisa memperhatikan à ada banyak pendapat/pandangan terhadap kematian. Sah-sah saja… ada yang merasa ketakutan… bimbang… galau…namun sebaliknya sudah siap dan telah mempersiapkan segala sesuatu. Tetapi jangan sampai kemudian kita memprediksi oh nanti meninggalnya tanggal segini… dalam usia segitu… Karena sekali lagi kematian tidak pernah ada yang tahu kapan waktunya… karena kematian memang adalah sebuah MISTERI bagi kita.
Mengapa dikatakan misteri? Karena memang belum ada di antara kita yang mengalaminya/berada dalam posisi itu. Kematian merupakan MISTERI, yang terkadang sulit dari jangkauan pikiran kita. Waktunya tidak ada yang tahu. Tidak bisa diprediksi. Bisa mendadak, bisa melalui sakit yang sudah cukup lama, bisa karena usia lanjut, namun juga bisa dalam usia muda.
Baru-baru ini saja saya membaca surat kabar Kompas, ada seorang model namanya Olivia Dewi, rasanya usianya di bawah 20 tahun harus meninggal karena tabrakan. Menurut berita dalam Surat kabar itu : dituliskan bahwa mobil itu berjalan dari arah Semanggi ke Bundaran HI. Setiba di Jalan Sudirman, tepatnya di depan Wisma Nugra Santana, mobil itu menabrak tiang reklame. Kejadian itu sekitar pukul 03.00 WIB dini hari.
"Saksi mengatakan mobil itu tiba-tiba terbakar," Ada kobaran api dengan cepat membesar dan membakar seluruh badan mobil dan penumpangnya. "Kap mobil habis terbakar. Setir mobil terbakar dan patah, sudah tidak pada tempatnya lagi," kata saksi yang ada di sekitar lokasi kejadian.
Kembali kita mendapat penegasan : kematian adalah sebuah MISTERI bagi kita. Tidak pernah ada yang tahu waktunya, rasanya, karena kita belum pernah mengalaminya.
Namun tidak demikian dengan Yesus. Kalau kita belum pernah berada pada masa itu, Yesus justru pernah berada dalam suatu peristiwa kematian, yaitu setelah Ia mengalami jalan penderitaan yang amat tidak mudah (melalui salib).
Hari ini dalam PA rangkaian masa raya Paskah kita akan melihat teks yang menuliskan bahwa Yesus pernah berada dalam alam kubur, dan ini dituliskan dalam Kitab Injil. Salah satunya yang akan kita baca yaitu Injil Markus 15:42-47.  (baca teks)
Teks hari ini khususnya ay.46 menuliskan jelas à…Lalu ia (Yusuf Arimatea) membaringkan Dia di dalam kubur yang digali di dalam bukit batu, kemudian digulingkannya sebuah batu ke pintu kubur itu”.   è Ayat ini memberikan penjelasan bahwa YESUS mati dan Ia dikuburkan. Dibawa oleh seorang bernama Yusuf dari Arimatea (Arimatea à sebuah kota Yahudi), seorang Majelis Besar (Majelis Agama Yahudi), punya kedudukan yang dapat diperhitungkan, kaya, dan ia seorang yang baik &benar (Luk 23:50-51).  Yang unik Matius bahkan menyebutnya sebagai “murid Yesus” tentu tidak dalam pengertian para murid seperti yang dua belas tetapi kata kerja dalam bahasa Yunaninya ‘mathetein’ secara hurufiah berarti “berguru kepada” atau ‘belajar kepada” jadi sifatnya lebih netral : informasi pelengkap saja!
Pertanyaan bagi kita adalah : apa arti kematian Yesus? Apa makna Yesus yang berada di alam kubur?
Kematian Yesus menjelaskan bahwa Ia adalah 100% manusia. Dalam pengakuan iman kita, kita menyatakan bahwa Ia sungguh-sungguh manusia, dan sungguh-sungguh Allah. Inilah yang kita lihat dalam kacamata iman Kristiani.
Bukti jelas bahwa Ia adalah 100% manusia, selain lahir dari seorang perawan bernama Maria, yaitu ketika Ia wafat dan dikuburkan. Teks Kitab Suci menuliskan jelas hal ini. Jadi kalau ada berita yang menyatakan Yesus tidak mati, itu sebuah pandangan yang tidak sesuai dengan apa yang dituliskan oleh Firman Tuhan.
Yesus yang mati dan dikuburkan juga menyatakan tuntasnya pelaksanaan karya Kristus dalam seluruh kehidupan-Nya. Nampak kasat mata seolah Dia kalah padahal sesungguhnya kematian Yesus merupakan kemenangan-Nya, yang nanti akan semakin sempurna melalui peristiwa kebangkitan-Nya pada hari yang ketiga yaitu pada waktu Minggu Paskah.
Kematian Yesus juga menjadi sebuah bukti kasih dan cinta Allah yang amat besar bagi manusia. Allah tetap hidup dan terus berkarya untuk kebaikan umat-Nya. Kalau kita merefleksikan secara logika kita, rasanya cinta Allah itu sungguh amat luar biasa dalam hidup kita. melampaui apa yang kita pikirkan. Kita sudah tidak setia, hidup dalam dosa, namun Ia tetap menyatakan cinta-Nya. Bahkan cinta Allah itu dinyatakan, dibuktikan, melalui pengorbanan Kristus di kayu salib, mati, dan dikuburkan lalu kemudian bangkit untuk menyelamatkan kita semua.
Tema kita hari ini adalah hari Sabtu Sunyi (bahasa Latin: Sabbatum Sanctum - "Hari Sabat Suci") adalah hari setelah Jumat Agung dan sebelum Minggu Paskah.
Di beberapa data, ditulis juga sabtu sunyi atau sabtu suci (karena berada dalam pekan suci menuju Paskah). Namun intinya : peringatan ini diadakan pada hari Sabtu –sebelum peristiwa kebangkitan, karena hari Sabtu Sunyi memperingati sebuah peristiwa di mana tubuh Tuhan Yesus dibaringkan di kubur setelah mati disalibkan.
Apa makna hari Sabtu Sunyi?
Sabtu sunyi merupakan pengenangan akan kesendirian Tuhan Yesus ketika berada di dalam kubur sebelum kebangkitan-Nya. Oleh karena itu, banyak gereja tetap melakukan puasa dan berpantang sebagai bentuk penghayatan dari kesendirian Tuhan Yesus.
Di GKI Citra, umumnya pada Sabtu Sunyi ini dilakukan kontemplasi ( (con = bersama dengan; templum = area Ilahi); sebuah latihan atau disiplin spiritualitas), untuk merenungkan dan mengenang peristiwa ketika Yesus berada di dalam kubur.
Dalam tradisi gereja, kala itu, rupanya ada kebiasaan umat mulai berkumpul di gereja sejak Jumat Agung sekitar pk. 15.00. Mereka terus berkumpul sepanjang malam dan siang hari itu agar semakin lama berada dalam kesunyian.
Menjelang senja, dilaksanakan liturgi singkat dengan sejumlah pembacaan berdasarkan leksionari, setelah doa pembuka. Leksionari yang umumnya dibacakan berkisar Ayub 14:1-14 (renungan tentang singkatnya hidup manusia, sebab tak ada harapan lagi setelah mati), Responsori Mazmur 130 (pengharapan kepada Tuhan), atau 31:2-5 (Aman, berlindung kepada Tuhan), Surat Rasuli dari I Petrus 4:1-8 (penderitaan badani merupakan senjata untuk tidak berbuat dosa). Pembacaan Injil diambil dari Injil Matius 27:57-66 atau Yoh 19:38-42 (Yesus dikuburkan).
Dalam Sabtu Sunyi, kita juga diingatkan akan kegalauan para murid yang ditinggalkan sang Guru. Guru yang telah memimpin, mengajarkan banyak hal dan mengayomi mereka, sudah tidak bersama-sama mereka lagi. Selain itu, mereka juga takut karena mereka bisa saja ditangkap oleh penguasa dan dihukum karena mereka adalah murid-murid Yesus.
Di tengah kegalauan dan ketakutan yang menyelimuti, mereka pun kecewa. Mengapa mereka kecewa? Kehadiran Yesus di antara orang Yahudi diharapkan dapat menumpas kekuasaan penjajah Romawi dan mengusir penjajah Romawi saat itu dan akhirnya Yesus menjadi raja Yahudi (konsep mesias politik).
Semasa hidup-Nya, Tuhan Yesus banyak melakukan mujizat. Tidak heran, para murid dan masyarakat Yahudi menduga bahwa Tuhan Yesus adalah mesias yang telah dijanjikan oleh Allah di dalam kitab Perjanjian Lama untuk membawa perubahan dan kemerdekaan dalam kehidupan bangsa Yahudi. Namun, raja Yahudi yang diharapkan itu justru mati mengenaskan di kayu salib (mesias yang menderita).


Sabtu Sunyi, mengingatkan kita akan dua hal, yaitu:
1)      Kesendirian Tuhan Yesus di makam,
2)      Kesedihan para murid saat itu.
Namun, kesunyian Sabtu itu akhirnya berakhir oleh suatu peristiwa yang mengejutkan dan tidak terbayangkan. Kegalauan, ketakutan dan kekecewaan para murid dihapuskan manakala kubur menggelegar dan bergetar, Anak Allah dibangkitkan dari liang kubur. Di balik kesunyian Sabtu, terpancar sukacita Paskah yang luar biasa. Inilah titik klimaks yang membuktikan bahwa Yesus itu adalah Tuhan dan Juruselamat kita yang hidup. Peristiwa kebangkitan-Nya menunjukkan bahwa iman percaya kita kepada Tuhan Yesus tidak sia-sia (I Korintus 15:17) à inilah pengharapan kita sebagai umat Tuhan.


Persekutuan Doa Wilayah
GKI Perumahan Citra 1
20 Maret 2012
“Minggu Palmarum


1.             Saat Teduh – instrument lembut
(Umat hening sejenak dan persiapan diri)

2.             Ajakan beribadah
P     :       Umat yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus, kita meyakini bahwa Persekutuan Doa Wilayah dalam rangkaian Masa Raya Paskah ini dapat terlaksana hanya oleh karena kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah Bapa kita dan dari Tuhan Yesus Kristus yang senantiasa menyertai kita sekalian. Untuk mengawali PDW malam ini, kita menaikkan sebuah pujian dari KJ 405:1-3, karena sungguh Tuhanlah yang menjadi Surya dalam kehidupan kita.

U     :       Menyanyikan KJ 405 : 1-3 “Kaulah Ya Tuhan Surya Hidupku”

3.             Doa Pembukaan

4.             Mazmur Berbalasan diambil dari Leksionari Minggu Palmarum, yaitu Mzm 118:1-2; 19-29

PL               : Bersyukurlah kepada TUHAN, sebab Ia baik!
U                 : Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.
PL               : Biarlah Israel berkata:
U                 : "Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya!"
PL               : Bukakanlah aku pintu gerbang kebenaran,
U                 : aku hendak masuk ke dalamnya, hendak mengucap syukur kepada TUHAN.
PL               : Inilah pintu gerbang TUHAN,
U                 : orang-orang benar akan masuk ke dalamnya.
PL               : Aku bersyukur kepada-Mu, sebab Engkau telah menjawab aku
U                 : dan telah menjadi keselamatanku.
PL               : Batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan
U                 : telah menjadi batu penjuru.
PL               : Hal itu terjadi dari pihak TUHAN,
U                 : suatu perbuatan ajaib di mata kita.
PL               : Inilah hari yang dijadikan TUHAN,
U                 : marilah kita bersorak-sorak dan bersukacita karenanya!
PL               : Ya TUHAN, berilah kiranya keselamatan!
U                 : Ya TUHAN, berilah kiranya kemujuran!
PL               : Diberkatilah dia yang datang dalam nama TUHAN!
U                 : Kami memberkati kamu dari dalam rumah TUHAN.
PL               : Tuhanlah Allah, Dia menerangi kita.
U                 : Ikatkanlah korban hari raya itu dengan tali, pada tanduk-tanduk mezbah.
PL               : Allahku Engkau, aku hendak bersyukur kepada-Mu,
U                 : Allahku, aku hendak meninggikan Engkau.
PL               : Bersyukurlah kepada TUHAN, sebab Ia baik!
U                 : Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.

5.             Nyanyian KJ 161 :1,3,5 “Segala Kemuliaan”

6.             Pembahasan Materi :
Minggu Pra Paskah VI seringkali disebut dengan Minggu Palmarum (Latin)/Minggu Palma/Minggu Palem. Apakah yang dimaksud dengan Minggu Palma? Minggu Palma adalah hari raya Kristen yang selalu jatuh pada hari Minggu sebelum Paskah. Jika memperhatikan teks Kitab Suci, perayaan ini dituliskan pada empat kitab Injil, yaitu:  Markus 11:1-11, Matius 21:1-11, Lukas 19:28-44 dan Yohanes 12:12-19. Pada Minggu ini, gereja mengenang peristiwa Yesus memasuki kota Yerusalem, sebelum ia disalibkan.  

Bagi Injil-injil Sinoptik, masuknya Yesus ke kota suci atau Yerusalem adalah hal yang istimewa, sebab terjadi hanya sekali seumur hidup, dan terjadi tujuh hari sebelum kebangkitan-Nya. Itulah sebabnya, Minggu Palma disebut pembuka pekan suci, yang berfokus pada pekan terakhir Yesus di kota Yerusalem. 

Dalam liturgi Minggu ini, umat dibagikan daun palem. Dekorasi ruang gereja pun umumnya dipenuhi ornamen palem. Daun palem adalah simbol/lambang dari perdamaian, kehidupan, kemenangan, dan pengharapan akan pertolongan Tuhan. Teks Firman Tuhan menuliskan “disebarkan ranting-ranting hijau/stibadas yang diambil di ladang” (Yoh 12:13 ‘daun-daun palem), yang menandakan sambutan yang penuh sukacita. Seiring perarakan itu, ‘pakaian-pakaian’ dihamparkan banyak orang, sebagai tanda sambutan yang penuh hormat kepada raja (Bnd. II Raja-raja 9:13). Penulis Injil kemudian memperdengarkan seruan “Hosana! Hosana, yang artinya “selamatkanlah kami sekarang”. Seruan kemudian dilanjutkan dengan “Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan!”.

Kedatangan Yesus yang dielu-elukan dengan penuh semangat bahkan disebut sebagai “Raja Israel” itu, mencerminkan adanya harapan dan kerinduan mereka akan datangnya Sang Mesias namun Mesias yang dimaksud adalah Mesias dalam artian politis. Apa yang mereka bayangkan ternyata tidak terjadi pada sosok Yesus. Yesus justru meluruskan pandangan umat yang terlalu politis. Yesus hadir sebagai Mesias, namun Mesias di sini adalah Mesias yang rendah hati, sederhana, dan membawa kedamaian. Firman Tuhan bahkan menuliskan bahwa ketika peristiwa Yesus memasuki kota Yerusalem, Ia datang mengendarai seekor keledai muda (bukan kuda). Keledai merupakan lambang persahabatan (damai, ceria, kerendahan), berbeda dengan kuda yang merupakan lambang kegagahan atau keperkasaan yang umumnya dikaitkan dengan peperangan.

Bagaimana respons umat? Saat Minggu Palma ini berlangsung, umat melambai-lambaikan daun palem sambil bernyanyi. Hal ini menyatakan keikutsertaan umat bersama Yesus dalam arak-arakan menuju Yerusalem. Ini menyatakan tujuan yang akan dicapai pada masa yang akan datang yaitu kota Allah, di mana ada kedamaian di dalamnya.

7.             Respons Firman Tuhan : menyanyikan NKB 74:1-3 ”Hosana!Hosana!”

8.             Sharing dari Firman Tuhan (penerapan dalam hidup kita-batasi 2-3 orang saja)

9.             Umat menyanyikan: KJ 457:1 & 3 ”Ya Tuhan, Tiap Jam”

10.         Doa Syafaat (3 pendoa syafaat)

Pokok-pokok Doa Syafaat

Pendoa Syafaat I :

1.       Pemerintah Negara Indonesia, dalam upaya penegakan hukum, kebenaran dan keadilan, pemberantasan korupsi, dan sebagainya.
2.       Bencana alam dan proses pemulihan, terutama bagi warga masyarakat yang mengalami trauma.

Menyanyikan Refrein KJ 457
Setiap jam ya Tuhan, Dikau kuperlukan;
Ku datang, Jurus’lamat; berkatilah!  

Pendoa Syafaat II:
3.       Gereja-gereja yang mengalami kesulitan dalam melaksanakan peribadahan
4.       GKI Perumahan Citra I, terutama dalam memasuki program tahun pelayanan yang baru 2012-2013.
5.       Peneguhan Penatua tahun pelayanan 2012-2015 pada tanggal 25 Maret 2012
6.       Kegiatan dalam masa raya Paskah (Minggu-minggu Pra Paskah, Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Sunyi, Paskah Subuh dan Perayaan Paskah Sore); berdoa pula bagi panitia dan semua yang terlibat di dalamnya.

Menyanyikan Refrein KJ 457
Setiap jam ya Tuhan, Dikau kuperlukan;
Ku datang, Jurus’lamat; berkatilah! 

Pendoa Syafaat III:
7.       Pendidikan anak (menghadapi ujian, mereka yang kesulitan dalam memperoleh pendidikan, keterbatasan sarana dan prasarana).
8.       Umat yang berada dalam pergumulan pribadi : mereka yang kehilangan pengahrapan, mengalami keputusasaan, mereka yang sakit/lemah tubuh, mencari pekerjaan, pergumulan dalam keluarga, pergumulan di wilayah, dll.

Doa penutup oleh pemimpin PDW, dan diakhiri dengan lagu ”Bapa Terima Kasih”